Logam Paling Termahal Dan Langka Di Dunia Selain Emas’ Ini Dia Wujudbya

Emas di yakini merupakan salah satu logam mulia yang paling langka dan paling mahal untuk saat ini. Nyatanya, meski peringkatnya cukup tinggi

KABARTERHEBOH.COM – Emas di yakini merupakan salah satu logam mulia yang paling langka dan paling mahal untuk saat ini. Nyatanya, meski peringkatnya cukup tinggi secara komparatif, ada satu logam mulia yang mengalahkan nilai dan kelangkaannya tersebut. Karena keserbagunaan emas, konduktivitas, dan daya tahannya, emas termasuk dalam lima besar logam termahal yang pernah ada. Harga emas yang mencapai lebih dari USD1.850 per ons pada saat di publikasikan memang begitu mengesankan. Namun, itu tidak ada apa-apanya jika di bandingkan dengan rhodium ini.

Di kutip dari IFL Science, harga per ons rhodium bisa mencapai USD10.300 pada saat publikasi, menjadikannya logam mulia termahal dan salah satu yang paling langka untuk saat ini. Lantas, hal apa yang membuatnya begitu mahal?

Daftar Slot Online

Sebagai logam golongan platina yang paling langka, rhodium terdapat sekitar 0,000037 di bagian per juta di kerak Bumi, sedangkan emas sendiri di temukan dengan kelimpahan sekitar 0,0013 bagian per juta, menurut Royal Society of Chemistry.

Rhodium terutama banyak terdapat di benua Afrika Selatan dan Rusia. Logam mulia ini bisa menjadi banyak macam produk sampingan yaitu dari penyulingan bijih tembaga dan nikel, yang bisa mencapai hingga 0,1% logam mulia. Sekitar 16 ton rhodium di produksi setiap tahun, dengan perkiraan cadangan yaitu sekitar 3.000 ton.

Rhodium di temukan sejak tahun 1803 oleh William Hyde Wollaston, yaitu seorang ahli kimia Inggris yang mengekstraksi unsur tersebut dari sepotong bijih platina dari Amerika Selatan. Penemuan itu terjadi setelah tak lama setelah Wollaston berhasil menemukan salah satu logam golongan platinum lainnya, paladium.

BacajugaBuaya Bersisik Emas Muncul di Pantai Desa Lamunde

Umumnya, rhodium di temukan bersamaan dengan endapan platina. Adapun rhodium yang di peroleh dari sampel Wollaston adalah dengan menghilangkan platina dan paladium, sehingga meninggalkan bubuk merah tua yang di olah dengan gas hidrogen untuk mengungkap logam mulia rhodium tersebut.

Penamaan dari rhodium itu sendiri berasal dari bahasa Yunani rhodon yang berarti bunga mawar. Nama ini mengacu kepada warna yang merah dari kandungan garam yang muncul pada jenis logam yang satu ini.

Terlepas dari kelangkaan dan keindahannya itu. Statistik dari tahun 2019 menunjukkan hampir dari 90% permintaan rhodium berasal dari sektor auto-katalis dalam produksi konverter katalitik.

Emas di yakini merupakan salah satu logam mulia

https://118.107.238.76/promotions.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *