Proses Olahan Kulit Pisang Yang Sering Tak Digunakan Bisa Jadi Kerupuk

Proses Olahan Kulit Pisang Yang Sering Tak Digunakan Bisa Jadi Kerupuk

 KABARTERHEBOH.COM Proses Olahan Kulit Pisang mempunyai banyak manfaat bila di komsumsi. Ternyata kulitnya pun bisa karena tak hanya buah dan batangnya saja yang bisa di jadikan bahan pangan.

Seperti yang di lakukan ibu di Jembrana Bali ini yang mengolah kulit pisang menjadi kerupuk. Pengolah kulit pisang menjadi kerupuk tersebut adalah Ninayanti (74) warga Anyar Sari, Bali.

Daftar Slot Online

Kerupuk yang di olah dari kulit pisang ini merupakan inovasinya yang juga bermanfaat. Ternyata menurutnya proses olahan kulit pisang dari pembuataannya pun cukup sederhana dan sangat mudah sekali.

Caranya kulit pisang kepok di bersihkan lalu kemudian tambahkan sedikit tepung terigu dan tepung tapioka. Agar lebih kalis tambah 1 butir telur ayam Lalu rebus dengan menggunakan kapur sirih secukupnya. Tambahkan bumbu masakan yang di sukai lantas di campur air secukupnya. Semua itu lalu di blender hingga halus ujarnya kepada kabarterheboh.

Setelah adonannya cukup kemudian di tuangkan dalam loyang atau piring jajan dan kukus hingga kurang lebih 20 menit. Setelah waktu 20 menit di kukus kemudian adonan di potong-potong sesuai ukuran. Proses terakhir adalah menjemur jika kondisi cuaca bagus tentu dalam 1 hari pun bisa langsung di goreng.

Kegiatan Ninayanti ini adalah salah satu yang diakomodir Dinas Pemberdayaan Perempuan Keluarga Berencana (PPPAPPKB) Kabupaten Jembrana.

Tidak hanya melatih para ibu-ibu kelompok UPPKA untuk kreatif dan manfaatkan waktu luang agar menambah pendapatan keluarga. Sehingga semua bahan sisa bisa bermanfaat terutama seperti kulit pisang di olah menjadi kerupuk.

Baca juga : Cas Mobil Listrik di SPKLU Pertamina Beda dengan Tarif Rumahan

Kurniasih menjelaskan dirinya dulu juga pernah mengedukasi dan mempraktikkan ampas tahu menjadi keripik. Kini dengan olahan membuat kerupuk kulit pisang selain kandungan Karbohidrat yang terkandung pada kulit pisang.

Ada juga kandungan kulit pisang dari protein mineral dan kalsium yang bagus untuk kesehatan. Dengan pelatihan Kelompok UPPKA ini maka di harapkan akan semakin banyak keluarga Akseptor. Yang bisa di sasar untuk dapat menambah pendapatan ekonomi keluarganya.
https://118.107.238.76/promotions.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.