Viral Bocah Baduy Kebal Suntikan, Apakah ada Penjelasan Dari tim Medis?

Viral Bocah Baduy Kebal Suntikan, Apakah ada Penjelasan Dari tim Medis?

Viral Bocah Baduy Kebal, Di Twitter beredar dengan video seorang bocah yang tak bisa di suntik, di sebut-sebut gegara di bekali ilmu kebal dari kedua orang tuanya. Di mana Dalam video tersebut, saat seorang petugas menusukkan jarum suntik ke lengan bocah tersebut. Jarum tersebut tak kunjung bisa menembus permukaan kulit si bocah.

Dalam Video viral itu, di sebutkan bocah itu berasal dari suku Baduy dan sudah di bekali ‘ilmu kebal’. Kepada wartawan, Kepala Puskesmas Cisimeut, Kecamatan Leuwidamar, Lebak, Dede Herdiansyah, telah memastikan jika video tersebut hanya hoax saja.

Daftar Slot Online

Kalau videonya itu mungkin memang betul ada kejadian seperti itu. Tetapi jika kalau di bilang itu orang Baduy, itu tidak lah benar. Karena kami juga tidak menemukan ada orang Baduy yang kami suntik karena mereka kebal,” kata Dede, Minggu (6/3/2022).

Lantas, apakah fenomena yang seperti ini betul-betul bisa terjadi di dunia nyata? Mungkinkah di sebabkan karena jarum suntik yang tumpul?

Spesialis anak di RSIA Bunda Jakarta, dr Ariani Dewi Widodo, SpA(K), dia sampai menyebut dirinya tak pernah melihat fenomena tersebut di kehidupan nyata itu.

Demikian bila jarum suntikan yang kami gunakan tumpul, tak bakal sampai akan membuat jarum tak bisa di suntikkan ke lengan penerima suntikan layaknya di dalam video tersebut.

Baca Juga: Viral Pengantin Pria Sendiri Berada Pelaminan, Wanitanya Positif Covid-19

Tidak (pernah ada) sih sepanjang yang saya ketahui (jika fenomena gagal suntik akibat jarum tumpul). Biasa nya langsung Masuk saja dengan mudah,” ujarnya saat di hubungi kabarterheboh, Senin (7/3/2022).

Jika lebih tajam, pasti lebih tidak nyeri. Apabila Lebih berasa sedikit saja jika jarum tersebut tumpul. Tetapi jika yang membuat anak-anak yang memang sudah jejeritan, sama saja,” sambungnya dr Ariani.

Namun dr Ariani menegaskan, dirinya tak dalam pemahaman konteks yang cukup untuk menanggapi fenomena dalam video viral tersebut. Pasalnya, video yang di pertontonkan dalam cuitan pengguna Twitter tersebut terpotong, sehingga dr Ariani tak bisa memberikan pendapat lebih lanjut.

Sebagai catatan, video jarum suntik tak bisa menembus kulit pada bocah tersebut bukan yang pertama kali beredar. Pada April 2021, beredar video seorang kakek tak bisa di suntik di area lengan.

Senada dengan dr Ariani, spesialis kulit dari DNI Skin Centre dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK, menyebut sulit untuk menetapkan penyebab kakek dalam video tersebut terlihat ‘kebal’ pada jarum suntik. Padahal lansia umumnya lebih mudah di suntik karena kulitnya lebih tipis.

“Perlu di evaluasi lebih lanjut kondisi pasien tersebut. Bisa saja jarum suntik yang di gunakan sudah tumpul akibat menyedot vaksin dari vialnya,” jelas dr Darma saat di hubungi¬† Jumat (9/4/2021).

Di samping itu, terdapat penyakit autoimun yang bisa membuat seseorang mengalami pengerasan pada kulit. Namun orang dengan kondisi demikian pun masih bisa menerima suntikan.

https://118.107.238.76/promotions.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *