Arsitektur Masjid Cheng Ho di Surabaya Memiliki Gaya Seperti Kelenteng

Arsitektur Masjid Cheng Ho di Surabaya Memiliki Gaya Seperti Kelenteng

KABARTERHEBOH.COM  Sebuah Arsitektur Masjid Cheng Ho di bangun bergaya konsep Cina di Jawa Timur sangat terkenal dan sudah legenda.  Peletakan batu pertama Masjid Cheng Ho tersebut pada 15 Oktober 2001 bertepatan dengan hari isra miraj Nabi Muhammad SAW.

Masjid Cheng Ho Surabaya mulai di bangun pada 10 Maret 2001 dan di resmikan pada 13 Oktober 2002. Arsitektur Masjid Cheng Ho bangunannya berdasarkan model gaya Masjid Niu Jie di Beijing, di perlihatkan pada puncak dan mahkota masjid.

Daftar Slot Online

Sedangkan pintu utama masjid bernuansa timur tengah dan Temboknya bernuansa Jawa yang arsiteknya adalah Ir. Abdul Aziz dari Bojonegoro. Ada beberapa motif ornament kaligrafi juga nuansa cina yang memiliki makna tersendiri di Masjid Cheng Ho Surabaya.

Seperti model atap masjid ini berbentuk persegi delapan yang menyerupai sarang laba laba. Diketahui bahwa laba laba merupakan hewan yang menyelamatkan Nabi Muhammad dari kejaran kaum kafir Quraish dulu.

Pada salah satu sudutnya terdapat relief sang laksamana dengan miniatur kapalnya. Relief ini menandakan bahwa Cheng Ho dulunya merupakan sosok penganut muslim dari China yang bijaksana dan menyukai kedamaian.

Salah satu adalah serambi masjid terdapat lima buah anak tangga yang mengisyarakatkan rukun Islam. Sedangkan enam buah anak tangga di dalam masjid yang mengisyarakatkan rukun Iman.

Masjid ini tidak memiliki daun pintu yang melambangkan bahwa masjid ini terbuka untuk siapapun. Laksamana Cheng Ho adalah salah satu tokoh yang di hormati tokoh yang berasal dari China dengan menganut agama Islam.

Baca jugaBocah Meninggal Akibat Bullying Teman Gara-gara Setubuhi Kucing

Salah satu sosok yang berjasa menyebarkan ajaran Islam di Tanah Jawa adalah Laksamana Cheng Ho. Pertama kali mendarat di Semarang dengan utusan dari Kaisar Yung Lo untuk mengunjungi Raja Majapahit dengan tujuan menyebarkan agama Islam ke Kerajaan Majapahit.

Lokasi Masjid ini berada di pusat Kota Surabaya tepatnya di Jalan Gading No.2 Ketabang, Genteng, Surabaya sekitar 1000 meter dari Balaikota Surabaya.

Fasilitas Masjid Cheng Ho ini adalah perlengkapan ibadah, tempat wudhu, tempat penitipan sepatu/sandal, taman bermain, toko souvenir, lahan parkir, klinik akupuntur, lapangan basket, Gedung serbaguna dan Paud/TK/SD.

Saat ini Masjid Cheng Ho digunakan sebagai tempat ibadah umat muslim. Serta taman Pendidikan dan juga di gunakan untuk mengenalkan arti seni dari beberapa budaya dan kultur menjadi satu.

https://118.107.238.76/promotions.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *