Tidak Boleh Sembarangan! Berikut Cara Tepat Pertolongan Pertama Bagi Korban Kecelakaan

Tidak Boleh Sembarangan! Berikut Cara Tepat Pertolongan Pertama Bagi Korban Kecelakaan

KABARTERHEBOH.COM Tidak Boleh Sembarangan! Berikut Cara Tepat Pertolongan Pertama Bagi Korban Kecelakaan. Kecelakaan dalam berlalu lintas bisa terjadi di mana saja. Jika sampai terjadi di depan mata, keinginan kita untuk menolong korban kecelakaan tersebut pastinya akan tergugah. Namun sering kali kurangnya wawasan dan pengetahuan, justru dapat mengakibatkan hal yang tak di inginkan dalam menangani korban. Sehingga malah memperparah sebuah keadaan yang sudah buruk.

Dalam video viral yang telah di unggah oleh akun @brorondm, terlihat beberapa orang yang sedang berupaya untuk membantu korban kecelakaan yang tengah tergeletak di jalan. Akan tetapi upaya pengangkatan pada saat korban hendak di pinggirkan terkadang kurang tepat. Pemilik akun @brorondm yang sempat melihat kejadian tersebut dengan sigap menghampiri kemudian menyatakan bahwa tindakan tersebut tidaklah benar.

Daftar Slot Online

Jangan langsung di angkat begitu, bahaya, kita gak tahu lehernya patah apa tidak, tulang belakangnya patah apa tidak. Orang kecelakaan ngga boleh kalau langsung di angkat. Kalau memang bikin jalan macet biarin, nyawa jauh lebih penting, ujarnya dalam video tersebut.

Pemilik akun tersebut juga menginstruksikan agar pada saat pengangkatan di lakukan secara bersamaan. Dalam arti dengan posisi yang lurus dan tegak, sehingga posisi leher dan tulang belakangnya tidak menekuk.

Tindakan tersebut juga telah di benarkan oleh Ketua Perhimpunan Dokter Emergency Indonesia, bernama dr Wishnu Pramudito DP, SpB.

Dalam sebuah kasus kecelakaan kita wajib curiga jika korban telah mengalami trauma pada tulang bagian belakang, ujarnya pada Rabu (5/4/2023).

Di sepanjang tulang bagian belakang terdapat gardu spinalis yang berfungsi menghubungkan persarafan tepi dengan persarafan pusat atau otak. Sehingga apabila segmen ini mengalami cedera, maka semua segmen yang terdapat di bawah leher akan mengalami kelumpuhan. Jika di lihat dari rekaman video tadi, terlihat tidak ada yang memegangi bagian kepala korban.

Apabila tidak di lakukan dengan cara yang benar, maka cedera pada leher dapat menjepit medula spinalis hingga sampai terputus.

Baca juga : Viral Seorang Pria di Batam Yang Dianiaya Oleh Kakak Iparnya, Ternyata Ini Penyebabnya

Jika korban di angkat secara tidak benar, maka leher akan tertinggal. Gerakan pada video tersebut akan menyebabkan kepala terjatuh dan leher akan bergerak secara ekstrim. Kemudian apabila terdapat cedera pada tulang leher, resiko yang terjadi ialah dapat menjepit medula spinalis hingga terputus, jelas dr Wishnu Pramudito DP, SpB.

Apabila medula spinalis sampai terputus, maka persarafan untuk motorik secara otomatis juga akan lumpuh. Hal ini juga bisa menyebabkan korban kecelakaan mengalami kelumpuhan otot napas, yang mengakibatkan berhentinya saluran pernapasan hingga terjadi kematian.

Jadi intinya, dalam mengangkatnya harus benar-benar dengan metode log roll. Di mana bagian tubuh (leher-kepala-badan) di gerakkan sebagai satu kesatuan. Akan lebih aman lagi jika di pasang juga pelindung leher sebelum melakukan pergerakan atau pengangkatan tubuh, pungkasnya.

https://118.107.238.76/promotions.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *