BPOM Menerbitkan Izin Edar Obat Kanker Limfoma Pertama Buatan RI

bpom-ri-meresmikan-penggunaan-obat-kanker-limfoma_

KABARTERHEBOH.COM Badan Pengawasan Obat dan Makanan RI (BPOM) menerbitkan izin edar obat kanker bernama limfoma pertama buatan dalam negeri. Obat tersebut sudah di produksi dengan menargetkan sel kanker dan berbasis antibodi monoklonal pada tubuh.

Obat kanker limfoma ini di berinama Rituxikal yang di buat oleh PT Kalbio Global Media. Rituxikal mengikat daya antigen transmembran CD20 pada limfosit sel B. Yang di hasilkan oleh sel kanker secara spesifik sehingga dapat menimbulkan reaksi imunologi yang memicu sel kanker lisis (pecah).

Daftar Slot Online

Suatu kebanggaan bagi kita bangsa indonesia yang menjadi produk biosimilar pertama untuk kanker. Sehingga ini nantinya akan jadi alternatif pilihan lain untuk dokter dan pasien saat mengalami gejala penyakir kanker,” kata Kepala BPOM Penny K Lukito dalam konferensi persnya di Cikarang, Jawa Barat, Senin (30/1/2023).

Rituxikal adalah sebuah produk Biosimilar yang mengandung zat aktif Rituximab. BPOM menerbitkan izin edar ini untuk menambah alternatif akses pasien kanker dalam pengobatan Limfoma Non-Hodgkin (NHL) dan Leukemia Limfositik Kronik.

Dalam kesempatan tersebut Penny mengatakan kehadiran alternatif obat kanker buatan dalam negeri membuat pasien semakin mendapatkan pilihan lebih banyak untuk pengobatan. Harganya juga di sebut akan jauh lebih murah di bandingkan pilihan obat kanker impor lain seperti Mabthera yang di produksi germany.

BacajugaVaksin Booster Dosis Empat di Pertimbangkan Indonesia Untuk Covid-19

Obat kanker limfoma ini akan segera didistribusikan ke rumah sakit baik milik pemerintah maupun swasta. Untuk ke depannya obat ini juga di sebut akan di proyeksikan masuk dalam pembiayaan untuk BPJS Kesehatan.

Pemerintah selalu mendorong untuk menggunakan obat-obatan dari dalam negeri. Sehingga TKDN-nya dan pembelian produk2 obat obatan di katalog di prioritaskan dalam e katalog yang pasti masuk, ke BPJS,” harap Penny.

https://118.107.238.76/promotions.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *