Wisma Atlet Akan Jadi Tempat Isolasi Virus Corona

Wisma Atlet Akan Jadi Tempat Isolasi Virus Corona

Wisma Atlet akan dijadikan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengaku akan berkoordinasi dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk memanfaatkan wisma atlet sebagai tempat isolasi pasien virus corona.

Wisma Atlet tersebut didirikan untuk menyambut Asian Games dan belum digunakan jadi bisa menjadi tempat yang paling siap. Listrik, air, tempat tidur sudah ada.
BNPB akan melaksanakan dan menyiapkan menjadi tempat isolasi,” ujar Ani, panggilan akrabnya, Rabu (18/3).

Menurut Mentri Keuangan, Wisma Atlet tidak hanya ada pasien yang menunjukkan gejala yang akan diisolasi di wisma atlet, tetapi juga orang yang membutuhkan dukungan medis, yang tidak menunjukkan gejala, namun berpotensi menularkan.

Baca Juga : Jokowi Tidak Akan Lock Down Indonesia

Yang paling utama adalah mereka harus isolasi diri agar tidak menularkan, jadi dibutuhkan suatu tempat. Wisma atlet bisa digunakan. BNPB agar menyiapkan wisma atlet jadi tempat isolasi,” katanya.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir menyiapkan RS Pertamina Jaya dan Hotel Patra Comfort sebagai tempat penanganan orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien yang terinfeksi.

Sebelumnya, ODP corona tidak mendapatkan perawatan di rumah sakit. Namun, apabila ada keluarga yang meninggal karena corona, keluarga yang menjadi ODP akan diisolasi, meskipun tidak ada gejala flu, batuk, atau sesak nafas.

Baca Juga : Liga Inggris Ditunda, Apakah Liverpool Menjuarai Liga Inggris Musim Ini?

Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga mengatakan jumlah kapasitas tempat tidur di RS Pertamina Jaya sebanyak 65 unit. Akan menangani pasien yang sudah positif virus corona.

Bangunan lama di sekitar Cikini dan Pramuka akan di gunakan oleh RS Pertamina Jaya.

Di bangunan lama tersebut ada 20 tempat tidur untuk perawatan setara ICU, sedangkan sisanya 45 tempat tidur untuk non ICU. Jadi total ada 65 unit tempat tidur.
Termasuk ada fasilitas radiologi dan gawat darurat yang dilengkapi ruang isolasi dan RS Pertamina Jaya juga akan dilengkapi dengan laboratorium diagnostic untuk mendeteksi virus corona, imbuh Arya..

Baca Juga : Inilah Teknik Jokowi Dalam Melawan Virus Corona di Indonesia

Sementara, pemerintah juga menyulap Hotel Patra Comfort sebagai rumah sakit untuk menangani masyarakat yang memiliki status ODP terkait virus corona.
Arya menyatakan jumlah tempat tidur yang disediakan di hotel tersebut sebanyak 52 unit.
Itu untuk ODP, jadi save house lah,” jelas Arya.

Arya menuturkan jika akan ada 10 dokter spesialis, delapan dokter umum, dan tiga perawat yang terlatih menangani virus corona di rumah sakit dan hotel tersebut.
Pemerintah juga akan menambah kapasitas tempat tidur untuk menangani pasien yang terinfeksi virus corona.

90 unit tempat tidur kami tambahkan nantinya dengan bangunan khusus yang kami bangun. Ini dipersiapkan untuk pasien corona,” pungkas Arya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *