Pasir Silika Dilirik China Menjadi Komoditas Primadona Bahan Panel Surya

ilustrasi-tambang-batu-bara

 KABARTERHEBOH.COM Pasir silika dilirik china bakal menjadi komoditas primadona nomor satu indonesia. Lanteran banyak perusahaan menyatakan minat untuk menambang pasir silika termasuk perusahaan dari China.

Pasir silika dilirik china ini bahkan disebut-sebut sebagai komoditas nikel berikutnya Lanteran ini merupakan komoditas penting untuk pembuatan panel surya.

Daftar Slot Online

Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara dari Kementerian ESDM Ridwan Djamaluddin mengatakan Bangka Belitung mengatakan wilayah yang memiliki pasir silika cukup banyak. Dia mengatakan perusahaan China Xinyi telah berminat menyatakan untuk menambang pasir silika agar bisa di olah menjadi panel surya.

Perusahaan dari Tiongkok ada namanya Xinyi yang menyatakan kalau mereka adalah perusahaan yang memasok 40% dari panel surya global. Kata Dirjen Minerba dalam konferensi pers di kantornya Jakarta, Selasa (31/1/2023).

Perusahaan lokal juga berminat untuk menambang pasir silika wilayah bangka belitung di mana Perusahaan tersebut pun bahkan siap membentuk konsorsium.

Beberapa perusahaan nasional juga sudah menyampaikan minat untuk melakukan itu bahkan beberapa berkonsorsium membentuk asosiasi sesama mereka,” ujarnya pada kabarterheboh.com

Terkait perusahaan asal China Ridwan mengatakan bahwa mereka telah bertemu 1 kali dan telah datang ke lokasi sebanyak 2 titik tempat berbeda. Sudah melihat calon lokasi juga sudah menghitung-hitung dan akan kembali lagi setelah tanggal 6 Februari kemudian. Intinya kita jangan sampai ketinggalan dari negara pembangunan infrastruktur lainnya.

Saat ini Ridwan belum bisa memastikan berapa investasi yang akan di gelontorkan perusahaan tirai bambu China ini. Namun seingatnya perusahaan China tersebut siap investasi sebesar US$ 3 miliar atau sekitar Rp 45 triliun (kurs Rp 15.000).

Bacajuga : Jokowi Targetkan Kereta Api Sulawesi Tersambung Semua Dari Makassar Sampai Manado

Angkanya saya tidak tahu pasti hanya saja mereka menyatakan mereka pemasok 40% dari panel surya global. Rencana investasinya seingat saya US$ 3 miliar tapi belum ada proposal tertulisnya aja dalam diskusi-diskusi kemarin.

Berdasarkan data yang mereka sajikan kalau total sumber daya pasir silika 25,33 miliar ton. Kemudian total ada cadangannya sebesar 331 juta ton.

Untuk saat ini cadangan pasir silika tersebar di beberapa wilayah indonesia yakni Sumatera 64 juta ton, Jawa 176 juta ton, Kalimantan 17 juta ton dan Sulawesi 74 juta ton.

https://118.107.238.76/promotions.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *