Harga Mie Instan Naik 3x Lipat Akibat Dampak Gandum Rusia & Ukraina

Harga Mie Instan Naik 3x Lipat Akibat Dampak Gandum Rusia & Ukraina

KABARTERHEBOH.COM Terpantau  Harga mie instan naik terus mengalami kenaikan dalam beberapa bulan terakhir ini. Hal tersebut tidak lepas dari berbagai faktor terutama akibat kenaikan harga gandum dunia menyusul meletusnya perang Rusia-Ukraina.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan mungkin bakal ada dampak besar dari perang antara Rusia dan Ukraina. Salah satunya adalah harga mie instan naik karena ia memprediksi nilai kenaikannya bakal terasa signifikan dari yang terjadi saat ini.

Daftar Slot Online

Belum selesai dengan dampak yang kita hadapkan Perang Ukraina-Rusia di mana ada 180 juta ton gandum ngga bisa keluar. Jadi hati-hati yang makan mi instan banyak dari gandum besok harganya naik 3x lipat kata mentri pertanian dalam webinar Direktorat Jenderal Tanaman Pangan, Senin (08/08/22).

Mi instan terus terusan mengalami kenaikan setelah perang tersebut Misalnya di warung grosiran yang berlokasi di Tamansari Kabupaten Bogor. Harga 1 dus Indomie Goreng pada 12 Juli 2022 adalah Rp 105.000 namun per 6 Agustus harganya sudah naik menjadi Rp 112.000.

Harga Indomie Ayam Bawang pada 30 Januari 2022 dan 12 Maret 2022 adalah Rp 2.400 per bungkus. Namun pada 6 Juli dan 1 Agustus 2022 sudah berubah menjadi Rp 2.700 per bungkus

Kenaikan harga tersebut itu otomatis bakal terjadi karena bahan baku mie instan tersebut sangat sulit dan bergantung pada impor. Saya bicara ekstrem saja ada gandum tapi harganya mahal banget jadi sementara kita impor terus, kata Syahrul.

Rusia dan Ukraina merupakan negara penghasil gandum terbesar dunia karena Kedua negara menyuplai sekitar 30-40% dari kebutuhan gandum dunia. Dengan dampak dari situasi perang saat ini maka gandum menjadi langka karena pasokan terhambat.

Baca jugaUsai Tolong Bule Keseleo Ibu Warung Bali di Hadiahkan Uang Rp 5 Juta

Sementara gandum adalah salah satu dari bahan baku dari mi instan. Alhasil dampak kenaikan harga gandum di pasar internasional otomatis ikut mengerek harga mi instan di dalam negeri.

Besiaplah-Harga-Mie-Instan-Mengalami-Kenaikan-Lagi

Sistem Pemantauan Pasar dan Kebutuhan Pokok Kementerian Perdagangan (Kemendag) mencatat untuk harga tepung terigu sudah melonjak 15,24%. Di bandingkan harga 6 Januari 2022 yang tercatat harga tepung terigu terpantau masih Rp10.500 per kg.

https://118.107.238.76/promotions.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *