Tips dan Trik Saat Menghindari Lubang di Jalan Saat Berkendara Agar Terhindar Dari Sebuah Kecelakaan

Tips dan Trik Saat Menghindari Lubang di Jalan Saat Berkendara Agar Terhindar Dari Sebuah Kecelakaan

KABARTERHEBOH.COM Sebuah kecelakaan maut telah terjadi di Tol Cipali, tepatnya berada di Km 153, Kertajati, Majalengka, pada Selasa (25/4/2023) siang. Di duga yang menjadi penyebab kecelakaan tersebut adalah karena pengemudi yang mencoba menghindari lubang di jalan tersebut dengan membanting setir.

Akibat dari kecelakaan tersebut tiga orang di nyatakan meninggal dunia. Polisi mengungkap bahwa mobil tersebut berjumlah 12 orang penumpang. Mobil itu sempat menghindari sebuah lubang yang berada di bahu jalan sebelum akhirnya kecelakaan.

Daftar Slot Online

“Jadi kronologisnya mobil tersebut berusaha untuk menghindari sebuah lubang kecil. Lalu kemudian (mobil) itu membanting setir ke arah kanan karena di sebelah kiri ada mobil yang lain. Sehingga mobil tersebut masuk ke dalam row atau parit. Setelah itu, membanting lagi ke arah kiri yang akhirnya terpelanting lalu terbalik,” kata Kapolres Majalengka bernama AKBP Indra Novianto di kutip Kabarterheboh.

Dari peristiwa tersebut, bisa di ambil beberapa pelajaran penting, agar kejadian serupa jangan sampai terulang lagi. Menurut seorang Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), bernama Sony Susmana, kondisi aspal di jalan tol memang banyak yang berlubang. Oleh karena itu, pengendara selalu di harapkan untuk bisa mengendalikan kecepatannya

“Usahakan dalam berkendara menggunakan kecepatan 60 km/jam. Selalu menjaga jarak aman dengan berkendara di sisi kiri,” kata Sony kepada Kabarterheboh, pada Rabu (26/4/2023).

Perlu di ingat juga bahwa pengendara seharusnya paham terkait beban dari suspensi dan ban. Apalagi pada saat mudik, biasanya para pemudik selalu membawa barang yang berlebih. Menampung penumpang hingga penuh akan juga akan membuat kerja dari suspensi dan ban menjadi lebih berat.

Dari kecelakaan maut yang terjadi, banyak sekali pelajaran yang bisa kita ambil. Pertama, hindarilah overload karena sebuah kendaraan yang overload akan mudah oleng dan terbalik.

Baca juga : Kronologi Seorang Dokter di Lampung Yang di Seret Hingga di Cekik Oleh Pasiennya

“Yang kedua, biasakan selalu mengemudi dengan melakukan safety briefing kepada para penumpang sebelum mau berkendara. Ketiga, jangan terlalu merasa aman pada saat berada di jalan tol. Biasakan selalu menjaga kecepatan dan juga jarak guna memiliki ruang dalam mengantisipasi,” kata Sony.

Keempat, bisakan untuk selalu mengurangi kecepatan kendaraan sebelum ingin menghindari lubang, supaya keseimbangannya terjaga. Yang terakhir, usahakan menambah tekanan angin pada ban apabila jumlah penumpang penuh. Hal tersebut untuk menghindari side wall ban yang bekerja terlalu berat dalam menerima beban berlebihan, pungkas Sony.

https://118.107.238.76/promotions.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *